Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keputihan Saat Pertama Kali? Ini Penjelasanya


Keputihan Saat Pertama Kali? Ini Penjelasanya
Keputihan Saat Pertama Kali?

Hai Sahabat..

Kali ini saya akan membahas mengenai keputihan. Saat menjelang dewasa semua wanita di dunia ini pasti akan mengalami yang namnya menstruasi. Nah di sebagian orang biasanya sebelum dan atau sesudah menstruasi itu ada cairan yang keluar tetapi cairan tersebut bukan darah, nah itulah yang di sebut dengan istilah keputihan. Namun sahabat jangan khawatir karena hal itu adalah sesuatu hal yang wajar terjadi dan hampir 80% semua wanita mengalaminya. Karena keputihan itu sebenarnya memeiliki tujuan untuk menjaga kelembaban bagian intim wanita supaya tetap terjaga.

1. Pertama Mengalami Keputihan

Saat menjelang dewasa wanita yang mengalami keputihan itu akan merasa aneh ketika pertama kali mendapatkan kejadian seperti ini. Akan tetapi jangan hawatir karena kejadian seperti ini sudah hal wajar. Sedangkan sifat dari keputihan itu sendiri cenderung lebih ke jernih dengan konsistensi yang ke arah melar di sekitar ovulasi, bisa juga mungkin lebih kental dan warnanya agak kuning pada masa fase luteal. Keputihan yang normal itu tidak akan terasa gatal ataupun mau, namun biasanya bagi wanita yang pertama kali mengalaminya akan merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Biasanya merasa risi, gak enak dan selalu bertanya tanya apakah hal ini wajar atau sesuatu hal yang berbahaya. Dan kadang pula ingin bertanya ke teman merasa malu karena hal ini masih di anggap hal yang tabu di sebagian kalangan.

2. Jenis Jenis Keputihan

Selain keputihan adalah hal yang wajar dan hampir semua wanita mengalaminya akan tetapi hal itu jangan di sepelekan dan hal itu tidak di anggap serius. Karena keputihan juga memiliki status normal dan abnormal. Disebut normal itu apabila mengalami keputihan yang memiliki sifat jernih dan tidak menimbulkan bau dan gatal di area intim dan kelauranya memiliki fase waktu yang relatif singkat antara satu hari sampai enam hari. Dan di sebut Abnormal apabila keputihan yang keluar itu lebih kental cenderung berwarna kuning ke abuan, berbau tak sedap dan juga ada rasa gatal yang sangat luar biasa, biasanya hal itu berlangsung bisa lebih dari satu minggu.

3. Pencegahan Saat Keputihan

Untuk keputihan yang di alami saat sebelum dan sesudah menstruasi sebenarnya perlu di perhatikan juga, jangan sampai karena tidak mengalami gejala gejala yang abnormal kemudian keputihan itu sedniri di abaikan begitu saja. Adapun sobat bisa melakukan pencegahan dengan cara selalu menjaga kebersihan di area intim, selalu berganti pakainan dalam di saat merasa sudah tidak nyaman. Dan hal itu semua bisa mencegah dan mengatasi mengalami keputihan yang berlebihan dan keputihan yang abnormal.

Apabila selama mengalami keputihan dan sudah merasa cukup untuk menjaga kebersihan di saat keputihan datang, tetapi ada sesuatu hal yang di rasa aneh seperti keputihan keluarnya lebih kental, berwana kuning ke abuan dan tersa gatal sekali atau yang di sebut keputihan abnormal maka harus segera di atasi dan di tidaklanjuti dengan serius. Sahabat bisa segera pergi ke puskesmas, ke dokter spesialis dan juga konsultasi dengan dokter secara online supaya keputihan abnormal tersebut bisa segera di atasi dan tidak menimbulkan bahaya di kemudian hari.

Ok terimakasih semoga artikel kali ini bisa memberi penjelasan saat kita mengalami keputihan pertama kali. Salam sehat dan tetap jaga kesehatan.