Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Keputihan Yang perlu di Ketahui pada Wanita

Jenis-jenis Keputihan Yang perlu di Ketahui pada Wanita
Jenis-jenis Keputihan Yang perlu di Ketahui pada Wanita

Setiap perempuan yang mengalami keputihan adalah sesuatu hal yang normal dan juga pasti akan dialami oleh setiap perempuan. Akan tetapi keputihan juga bias menjadi sebuah pertanda adanya penyakit yang di alami oleh perempuan apabila cairan keputihan  yang dikeluarkan itu berbeda dari yang seharusnya. Untuk lebih jelasnya mengenai keptihan bisa baca di sini apabila sahabat baru pernah mengalami keputihan tersebut. Biasanya banyaknya jumlah cairan keputihan yang pada umumnya keluar dipengaruhi oleh ovulasi, rangsangan seksual, pil KB, saat mau menstruasi atau sesudahnya bahkan hingga kehamilan.

Untuk mengetahui bahwa keputihan itu sebuah pertanda penyakit atau bukan maka harus mengetahui dulu jenis-jenis keputihan yang pada umumnya sering keluar dan terjadi pada seorang perempuan. Jenis jenis keputihan apa sajakah yang bias di analisa dan di pahami saat terjadi keputihan? Nah karena Keputihan adalah sebuah kondisi ketika vagina mengeluarkan sebuah cairan berwarna putih atau bening, maka jenis-jenis keputihan itu bias di bedakan melalui warna dan bentuk keputihan itu sendiri. Walopun keputihan adalah cara alami tubuh untuk memberi perlindungan kesehatan organ intim perempuan, Tetapi apabila cairan yang dikeluar tidak sesuai dengan yang seharusnya makan akan menimbulkan hal hal yang tidak di inginkan.

Jenis-jenis Keputihan Yang perlu di Ketahui pada Wanita

Berikut ini adalah jenis-jenis keputihan yang normal dan abnormal berdasarkan warna dan bentuk cairan yang keluar dari vagina:

1. Keputihan Berwarna bening

Cairan keptutihan yang berwarna bening yang keluar dari vagina itu menandakan bawa cairan itu adalah yang seharusnya terjadi atau di sebut keputihan normal.  Biasanya cairan keputihan ini memiliki teksturnya licin dan mirip sepeti putih telur yang belum di masak atau putih telur mentah. Apabila sahabat mengalami hal ini maka sahabat jangan khawatir karena hal itu adalah hal yang sangat wajar dan normal apa adanya. Sahabat tinggal menjaga kebersihan daerah intim dengan merawatnya setiap hari.

2. Keputihan Berwarna Putih

Cairan keptutihan yang berwarna putih yang keluar dari vagina selama tidak menimbulkan gejala lain seperti gatal-gatal dan tidak berbau, maka keputihan tersebut masih bias di kategorikan dalam hal keputihan normal dan merupakan tanda lubrikasi yang sehat.
Akan tetapi apabila cairan cairan keputihan yang berwarna putih ini memiliki warna yang mendekati kuning dan berbau tidak sedap serta terasa gatal di area vagina maka perlu di perhatikan, bias saja hal itu pertanda adanya infeksi yang di alami. Keputihan sepeti ini sering di sebabkan oleh infeksi jamur yang bisa menimbulkan gatal dan iritasi di bagian vagina.

3. Keputihan Berwarna Kuning mendekati hijau

Cairan keptutihan yang berwarna Kuning mendekati hijau yang keluar dari vagina adalah Cairan keputihan yang tidak normal atau abnormal. Karena jenis keputihan ini menandakan adanya suatu infeksi bakteri bahkan penyakit menular seksual. Apalagi jika disertai dengan bau busuk yang menyengat dan bentuknya kental menggumpal. Keputihan jenis ini sebaiknya segera melakukan periksakan ke dokter supaya cepat di tangani dan di obati.

4. Keputihan Berwarna Merah atau cenderung kecoklatan

Cairan keptutihan yang berwarna Merah atau cenderung kecoklatan adalah jenis keputihan yang sering terjadi karena jadwal menstruasi yang tidak setabil. Dan juga biasanya keputihan jenis ini bias terjadi di saat akibat pendarahan setelah melahirkan. Nah apabila sahabat mengalami jenis keputihan ini tetapi sahabat tidak dalam mengalami dua kondisi tersebut maka sahabat perlu periksa ke dokter, untuk mengetahui penyebab utama jenis keputihan ini.

5. Keputihan Berwarna Abu-abu

Cairan keputihan berwarna abu-abu ini termasuk jenis keputihan yang tidak normal atau abnormal. Karena jenis keputihan ini bisa jadi adalah gejala infeksi bakteri yang disebut bacterial vaginosis (BV). Pada Umumnya bagian  Vagina sebenarnya memiliki bakteri yang menguntungkan. Dan jenis Bacterial vaginosis ini terbentuk ketika bakteri jahat atau merugikan mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga jumlahnya lebih besar dari bakteri baik. Karena jenis bacterial vaginosis ini juga bisa menyebabkan rasa gatal, iritasi, dan juga bau menyengat, serta kemerahan pada area luar vagina, maka Bacterial vaginosis  bisa meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit seksual yang menular. Oleh karena itu sahabat apabila mengalami jenis keputihan seperti ini sahabat harus segera langsung memeriksakan diri ke dokter sehingga situasi sepeti ini bias segera di tangani.

Kesimpulan

Sahabat kesimpulan dari artkel di atas adalah bahwa keputihan ini adalah sesuatu hal yang yang normal dan apabila ada kejala yang aneh di area intim maka bias segera di periksakan ke dokter. Namun hal yang utama yang bias di lakukan untuk terhindar dari segala penyakit yang di sebabkan oleh keputihan itu bias dengan menjaga kebersihan area intim.

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini semoga bermanfaat.